top of page
  • Gambar penulisRumah Lantai Indonesia

Cara Pemasangan WPC Decking Yang Benar Sesuai Dengan Instruksi Dari Produsen.

Diperbarui: 23 Feb 2023


WPC decking, atau yang dikenal sebagai kayu plastik komposit, adalah salah satu alternatif yang populer untuk pengganti kayu alami dalam proyek bangunan. Selain lebih tahan lama dan ramah lingkungan, WPC decking juga lebih mudah dipasang. Jadi, jika Anda ingin memasang WPC decking di rumah Anda, artikel ini akan membantu Anda memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan.


1. Persiapan

Sebelum memulai proyek pemasangan WPC decking, pastikan Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Periksa keadaan area yang akan dipasangi WPC decking. Pastikan bahwa area tersebut sudah rata dan bebas dari material yang tidak diperlukan.



  • Ukur area yang akan dipasang dan hitung berapa banyak material WPC decking yang Anda butuhkan.

  • Siapkan peralatan yang diperlukan, seperti obeng, mesin bor, gergaji, dan alat pengukur lainnya.


  • Tentukan pola dan arah pemasangan yang di inginkan.

Langkah selanjutnya adalah pemasangan rangka yang akan menjadi pondasi untuk WPC decking. Rangka biasanya terbuat dari wpc atau hollow aluminium , tergantung pada preferensi Anda. Pastikan bahwa rangka sudah terpasang dengan kokoh dan rata dengan menggunakan sekrup dan fisher pada lantai dasar, atau dengan menggunakan lem epoxy jika pemasangan pada area rooftop yang rawan bocor.


Setelah rangka sudah terpasang, saatnya memasang papan WPC decking,

Pasang papan WPC dengan menggunakan klip khusus untuk mengikat dan menahan papan wpc bergeser atau lepas. Cara ini cukup mudah dan bisa memudahkan anda dalam melakukan perawatan. Pasang sistem klip pada sisi papan WPC decking dan kemudian di sekrup ke rangka.

4. Selesaikan Pemasangan

Setelah semua papan WPC decking sudah terpasang, pastikan untuk memeriksa hasil pekerjaan Anda. Pastikan papan-papan tersebut terpasang dengan kokoh dan rata, serta gunakan aksesoris penutup samping decking jika diperlukan. Bersihkan area tersebut dari potongan papan dan sisa material yang tidak diperlukan. Proyek pemasangan WPC decking Anda sekarang selesai.


Pemasangan WPC decking bisa dilakukan dengan mudah dan efektif jika Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar. Pastikan Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, memilih bahan dengan kualitas yang baik, dan melakukan pemasangan dengan teliti. Dengan melakukan hal ini, proyek pemasangan WPC decking Anda akan berhasil dan dapat meningkatkan keindahan dan nilai properti Anda.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari informasi tentang cara pemasangan WPC decking. Ingatlah untuk selalu memilih bahan berkualitas dan mengikuti petunjuk pemasangan dengan teliti agar proyek Anda sukses. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari tenaga ahli jika Anda merasa kurang yakin.


Terakhir, apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang WPC decking atau sedang mencari bahan lantai lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami atau mengunjungi toko kami. Dengan informasi yang benar, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan menghasilkan proyek yang berkualitas.













2.463 tampilan
bottom of page