top of page
  • Gambar penulisRumah Lantai Indonesia

Membongkar Fakta Kelebihan dan Kekurangan Lantai SPC

Diperbarui: 6 Okt 2023


Kelebihan dan kekurangan lantai SPC
SPC Flooring


Pendahuluan

Lantai SPC (Stone Plastic Composite) merupakan jenis lantai yang kian digemari di Indonesia. Dengan kekuatannya yang menyerupai lantai kayu dan daya tahan yang lebih unggul, lantai SPC menjadi opsi yang menarik bagi banyak orang. Namun, sebelum Anda memilih lantai SPC untuk rumah atau tempat usaha Anda, penting untuk memahami secara detail kelebihan dan kekurangan dari lantai ini. Artikel ini akan membahas secara rinci tentang kelebihan dan kekurangan lantai SPC, serta membandingkannya dengan jenis lantai lainnya.


Apa Itu Lantai SPC?

Sebelum kita membahas kelebihan dan kekurangan lantai SPC, penting untuk memahami apa itu sebenarnya lantai SPC dan jenis-jenisnya. Lantai SPC merupakan jenis lantai yang terbuat dari campuran plastik (PVC) dan batu (kalsium karbonat). Ada beberapa jenis lantai SPC yang tersedia di pasaran, termasuk SPC rigid core, SPC tile, dan SPC herringbone.

Lantai SPC memiliki kemampuan tahan air yang luar biasa karena bahan dasarnya yang anti air dan tidak mudah lapuk. Lantai SPC juga memiliki lapisan atas yang tahan gores sehingga tidak mudah tergores oleh benda tajam seperti hak sepatu atau kaki meja.

Selain itu, lantai SPC memiliki permukaan yang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan PVC yang dapat didaur ulang. Hal ini menjadikan lantai SPC sebagai pilihan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Jenis-jenis lantai SPC yang tersedia di pasaran antara lain:

  • SPC Rigid Core: Jenis ini memiliki inti padat yang lebih kuat dan lebih tahan lama daripada jenis lainnya. SPC rigid core juga memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menahan suhu dan kelembaban.

  • SPC Tile: Jenis ini menyerupai ubin dan tersedia dalam berbagai pilihan warna dan tekstur. SPC tile mudah dipasang dan memberi tampilan yang elegan dan modern pada ruangan Anda.

  • SPC Herringbone: SPC Herringbone menghadirkan pola susunan yang mirip dengan tulang ikan, yang membedakannya dari jenis lantai lain. Pola ini tidak hanya menambah estetika ruangan tetapi juga memberikan dimensi dan kedalaman, menjadikannya pilihan yang populer bagi mereka yang ingin memberikan sentuhan unik pada interior rumah atau kantor mereka.

Dengan memahami jenis-jenis lantai SPC yang tersedia di pasaran, Anda dapat memilih lantai SPC yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya dekorasi rumah Anda.

Untuk informasi produk anda bisa kunjungi situs kami di: https://www.rumahlantaiindonesia.com/spc-flooring




Kelebihan dan Kekurangan Lantai SPC


Kelebihan Lantai SPC

Lantai SPC memiliki berbagai kelebihan yang menjadikannya sebagai pilihan yang menarik. Berikut adalah beberapa kelebihan utama dari lantai SPC:

  1. Kekuatan dan Daya Tahan Tinggi: Lantai SPC sangat kuat dan tahan lama. Lantai ini mampu menahan tekanan berat, goresan, dan aus sehari-hari dengan baik.

  2. Tahan Air: Lantai SPC memiliki sifat tahan air, menjadikannya cocok untuk digunakan di area yang sering terpapar kelembaban seperti kamar mandi, dapur, atau ruang bawah tanah.

  3. Penampilan yang Menawan: Lantai SPC memiliki penampilan yang mirip dengan kayu alami. Dengan tekstur dan pola yang realistis, lantai SPC mampu memberikan nuansa alami dan elegan pada ruangan.

  4. Perawatan yang Praktis: Lantai SPC mudah dibersihkan dan dirawat. Hanya dengan sapu atau lap basah, Anda dapat menjaga kebersihan lantai ini dengan mudah.

  5. Instalasi yang Sederhana: Lantai SPC dilengkapi dengan sistem pengunci (click-lock) yang memudahkan proses instalasi. Anda dapat menginstalnya sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa profesional.

Jadi, kelebihan lantai SPC yang sangat dicari adalah tahan air, tahan gores, tahan terhadap bakteri dan jamur, mudah dipasang, serta tahan lama. Ini menjadikan lantai SPC pilihan yang baik untuk rumah Anda, terutama jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan.


Kelemahan Lantai SPC

Tidak ada produk yang sempurna, termasuk lantai SPC. Berikut adalah beberapa kelemahan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih lantai SPC:

  1. Kekerasan: Lantai SPC cenderung lebih keras dibandingkan lantai kayu atau laminasi. Hal ini dapat membuatnya kurang nyaman untuk berjalan atau berdiri dalam waktu yang lama.

  2. Sifat Termal: Lantai SPC dapat terasa dingin saat bersentuhan dengan kulit kaki, terutama di daerah dengan suhu rendah. Pemasangan pemanas lantai dapat menjadi solusi untuk masalah ini.

  3. Biaya: Meskipun lantai SPC memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan lantai kayu asli, biayanya mungkin masih lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa jenis lantai lainnya seperti lantai laminasi dan lantai vinyl.

  4. Penggunaan Bahan Kimia: Proses pembuatan lantai SPC melibatkan penggunaan beberapa bahan kimia. Meskipun lantai SPC aman untuk digunakan di rumah, beberapa orang mungkin khawatir tentang dampak lingkungan dari penggunaan bahan kimia ini.

  5. Daya hantar panas yang buruk: Lantai SPC tidak menghantarkan panas dengan baik, sehingga dapat terasa sedikit dingin saat berjalan di atasnya tanpa alas kaki.

Meskipun ada beberapa kelemahan yang harus dipertimbangkan, kelebihan lantai SPC tetap menarik bagi banyak orang. Pastikan Anda mempertimbangkan kekurangan-kekurangan ini sebelum memutuskan untuk menginstal lantai SPC di rumah Anda.


Perbedaan Antara Lantai SPC dengan Lantai Lainnya

Saat memilih jenis lantai untuk rumah Anda, penting untuk memahami perbedaan antara lantai SPC dengan jenis lantai lainnya seperti keramik, laminate, atau vinyl. Berikut adalah beberapa perbedaan penting antara lantai SPC dan lantai lainnya:



Jenis Lantai

Kelebihan

Kekurangan

​Lantai Keramik

​Tahan lama, tahan air, mudah dibersihkan dan dipasang.

​Mudah retak dan pecah, dingin saat musim dingin, mahal dalam biaya pemasangan.

​Lantai Laminate

​Tahan gores dan tahan air, mudah dipasang dan terlihat seperti kayu alami.

​Tidak dapat diperbaiki, tidak tahan lama, dan terkadang tidak tahan terhadap air.

​Lantai Vinyl

​Murah, mudah dipasang, tahan air dan tahan lama.

​Tidak ramah lingkungan, mudah tergores dan terbakar, memiliki bau kimia yang kuat pada saat pemasangan.

​Lantai SPC

​Tahan air, tahan gores, tahan terhadap bakteri dan jamur, mudah dipasang, serta tahan lama.

​Daya hantar panas yang buruk, kurang ramah lingkungan, dan sulit untuk di daur ulang

Perbedaan antara lantai SPC dengan jenis lantai lainnya menunjukkan bahwa lantai SPC adalah pilihan yang baik untuk rumah Anda jika Anda mencari lantai yang tahan lama dan mudah dipasang dengan biaya yang terjangkau. Meskipun demikian, Anda perlu mempertimbangkan kelemahan lantai SPC dan memilih jenis lantai yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.


Instalasi Lantai SPC (Installation of SPC Flooring)

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan lantai SPC, Anda perlu mengetahui juga tentang proses instalasi lantai SPC. Berikut adalah beberapa langkah penting yang perlu Anda lakukan saat menginstal lantai SPC:


Langkah

Deskripsi

​1.

​Persiapkan permukaan lantai dengan membersihkan dan meratakan permukaannya. Pastikan permukaan kering dan bebas dari debu atau kotoran lainnya.

2.

​Pasang underlayment untuk melindungi lantai dan memberikan isolasi suara yang baik. Underlayment juga membantu meratakan permukaan lantai.

3.

​Pasang lantai SPC dengan mengunci panel dengan rapat. Pastikan sambungannya dilakukan dengan benar dan terkunci kuat.

4.

​Pasang trim untuk menutup sisi-sisi lantai dan memberikan tampilan yang rapi dan estetis. Anda dapat menggunakan Lis dinding, atau trim lainnya.

5.

​Periksa kembali lantai SPC Anda untuk memastikan instalasi telah dilakukan dengan benar. Pastikan lantai terlihat rata dan tidak ada yang bergeser atau longgar.

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat menginstal lantai SPC adalah kebersihan, keseimbangan, dan ketelitian dalam pemasangan. Pastikan Anda mengikuti petunjuk instalasi dengan baik dan memilih bahan-bahan berkualitas untuk hasil yang maksimal.


Perawatan Lantai SPC (Maintenance of SPC Flooring)

Agar lantai SPC Anda tetap terlihat baru dan tahan lama, Anda perlu merawatnya dengan benar. Berikut adalah beberapa tips perawatan yang dapat Anda lakukan:

  • Bersihkan lantai SPC secara teratur dengan sapu atau vakum untuk menghilangkan debu dan kotoran.

  • Gunakan pembersih netral untuk membersihkan noda yang membandel, hindari penggunaan pembersih berbahan kimia keras yang dapat merusak permukaan lantai SPC.

  • Segera lap tumpahan cairan pada lantai SPC untuk menghindari kerusakan permanen.

  • Jangan gunakan mesin poles atau sikat kasar pada lantai SPC karena dapat merusak permukaan lantai.

  • Jangan biarkan air atau cairan lainnya menggenang di permukaan lantai SPC karena dapat merusak lapisan permukaannya.

  • Hindari menempatkan benda berat atau tajam di atas lantai SPC, karena dapat menyebabkan goresan atau kerusakan permukaan.

  • Periksa kondisi lantai SPC secara berkala untuk memastikan tidak ada benda tajam atau pecahan yang dapat merusak permukaannya.

Dengan melakukan perawatan rutin dan hati-hati, lantai SPC Anda akan tetap tampak bagus dan tahan lama selama bertahun-tahun.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, Anda telah mendapatkan informasi yang mendalam tentang lantai SPC. Anda telah mengetahui apa itu lantai SPC dan jenis-jenisnya, kelebihan-kelebihan yang dimilikinya seperti tahan air, tahan gores, tahan terhadap bakteri dan jamur, mudah dipasang, serta tahan lama. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangan-kekurangan seperti daya hantar panas yang buruk, ketidakramahan terhadap lingkungan, dan pembuangan yang sulit jika rusak.

Anda juga telah mempelajari perbedaan antara lantai SPC dengan jenis lantai lainnya seperti keramik, laminate, atau vinyl. Bagian ini telah menjelaskan perbedaan tersebut dengan detail. Selanjutnya, Anda juga telah memahami proses instalasi dan perawatan lantai SPC.

Dalam memilih lantai untuk rumah Anda, penting untuk mempertimbangkan manfaat dan kerugian dari setiap jenis lantai. Meskipun memiliki beberapa kelemahan, lantai SPC tetap menjadi pilihan yang terbaik untuk rumah di Indonesia karena kelebihan-kelebihannya yang mencakup tahan air, tahan gores, tahan terhadap bakteri dan jamur, mudah dipasang, serta tahan lama.

Jadi, jika Anda sedang mencari lantai untuk rumah Anda, lantai SPC patut dipertimbangkan sebagai pilihan yang baik. Dengan memahami manfaat dan kerugian lantai SPC, Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk memilih lantai terbaik untuk rumah Anda.


Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQs)


Apakah lantai SPC tahan terhadap goresan?

Ya, lantai SPC memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap goresan. Permukaan lantai SPC dilapisi dengan lapisan pelindung yang keras sehingga lebih tahan terhadap goresan dibandingkan dengan beberapa jenis lantai lainnya.


Bisakah lantai SPC dipasang di atas lantai yang ada?

Ya, lantai SPC dapat dipasang di atas lantai yang sudah ada seperti keramik atau beton. Namun, pastikan bahwa permukaan lantai yang ada dalam kondisi baik dan datar sebelum pemasangan.


Apakah lantai SPC ramah lingkungan?

Lantai SPC termasuk dalam kategori lantai yang relatif ramah lingkungan. Meskipun proses produksi melibatkan penggunaan bahan kimia tertentu, lantai SPC tidak mengeluarkan gas berbahaya setelah terpasang di rumah.


Berapa lama umur lantai SPC?

Umur lantai SPC tergantung pada kualitas produk dan perawatan yang dilakukan. Dalam kondisi normal, lantai SPC dapat bertahan hingga 10-20 tahun atau lebih dengan perawatan yang baik.


Apakah lantai SPC bisa digunakan di area komersial?

Ya, lantai SPC dapat digunakan di area komersial dengan tingkat lalu lintas yang sedang. Kekuatan dan daya tahan lantai SPC membuatnya cocok untuk digunakan di toko, kantor, atau ruang pamer.


Bagaimana cara membersihkan lantai SPC?

Untuk membersihkan lantai SPC, cukup gunakan sapu lembut atau lap basah dengan air hangat. Hindari penggunaan produk pembersih keras yang dapat merusak permukaan lantai.



Lantai SPC bisa menjadi pilihan yang menarik untuk rumah atau tempat usaha Anda. Dengan kelebihan seperti tahan air, penampilan yang menarik, dan perawatan yang mudah, lantai SPC bisa memberikan nilai tambah bagi ruangan Anda. Meski memiliki beberapa kekurangan seperti kekerasan dan biaya, kelebihan lantai SPC jauh lebih banyak. Jika Anda mencari lantai yang kuat, tahan lama, dan mudah dipasang, lantai SPC bisa menjadi solusi yang tepat.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi www.rumahlantaiindonesia.com


2.704 tampilan
bottom of page