top of page
  • Gambar penulisRumah Lantai Indonesia

Panduan lengkap cara pemasangan lantai SPC


Lantai SPC (Stone Plastic Composite) menjadi salah satu pilihan lantai yang semakin populer akhir-akhir ini. Lantai SPC merupakan produk inovatif yang terdiri dari beberapa lapisan, termasuk lapisan dasar (substrat) yang terbuat dari bahan plastik dengan serat kaca, serta lapisan dekoratif yang mencakup berbagai pola dan warna yang menyerupai kayu, batu, atau beton.

Lantai SPC dikenal sebagai lantai tahan air, tahan gores, tahan api, dan anti-slip, membuatnya menjadi solusi yang ideal untuk kebutuhan tata ruang yang berbeda. Namun, pemasangan lantai SPC memerlukan beberapa pengetahuan teknis yang perlu diperhatikan.

Oleh karena itu, kami telah menyusun panduan lengkap cara pemasangan lantai SPC untuk membantu Anda memasang lantai SPC dengan tepat.


Pahami kondisi ruangan

Sebelum memulai pemasangan lantai SPC, pastikan bahwa kondisi ruangan di mana lantai akan dipasang sudah memenuhi syarat. Pastikan bahwa permukaan lantai rata, kering, dan bersih. Jangan lupa untuk memeriksa kelembaban ruangan, karena kelembaban yang tinggi dapat mempengaruhi keberhasilan pemasangan lantai SPC. Jika kelembaban ruangan terlalu tinggi, Anda perlu menurunkannya dengan menginstal sistem pemanas atau pengering udara.


Pilih bahan dan peralatan yang tepat

Pilih bahan dan peralatan yang tepat sebelum memulai pemasangan lantai SPC. Bahan-bahan yang dibutuhkan termasuk lantai SPC, lapisan bawah, perekat, dan penutup sambungan. Sedangkan peralatan yang dibutuhkan termasuk gergaji, penggaris, alat penanda, pisau cutter, penggaris lipat, dan meteran.


Periksa instruksi pemasangan lantai SPC

Sebelum memasang lantai SPC, pastikan Anda membaca dan memahami instruksi pemasangan yang disediakan oleh produsen. Instruksi ini akan memberikan panduan langkah demi langkah yang harus diikuti untuk memastikan pemasangan lantai SPC yang sukses.


Pilih pola pemasangan

Ada beberapa pola pemasangan yang dapat Anda pilih ketika memasang lantai SPC. Pola paling umum adalah pola garis lurus, pola blok, dan pola sudut. Anda dapat memilih pola yang paling sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda.


Pasang lapisan bawah

Sebelum memasang lantai SPC, pasang lapisan bawah terlebih dahulu. Lapisan bawah ini bertujuan untuk melindungi lantai SPC dari kelembaban.


Pasang lantai SPC

Setelah lapisan bawah terpasang dengan benar, langkah berikutnya adalah memasang lantai SPC. Pertama-tama, pastikan untuk memeriksa dan memastikan bahwa sisi yang diinginkan menghadap ke atas. Kemudian, pasang lantai SPC dengan hati-hati dan pastikan semua sambungan antar lembar lantai terpasang dengan rapat. Sebaiknya gunakan alat bantu seperti palu karet untuk memastikan agar sambungan antar lembar lantai rapat dan rata. Pastikan juga bahwa lantai SPC ditekan dengan cukup kuat sehingga tidak ada celah atau ruang udara di bawah lantai SPC.


Potong lantai SPC

Jika perlu, potong lantai SPC dengan menggunakan gergaji atau pisau cutter. Pastikan untuk mengukur dan menandai dengan hati-hati tempat potongan yang diinginkan untuk mendapatkan hasil potongan yang tepat dan sesuai.


Pasang penutup sambungan

Setelah lantai SPC terpasang dengan benar, pasang penutup sambungan untuk menutup sambungan antar lembar lantai. Penutup sambungan dapat dipasang dengan perekat atau sistem kunci. Pastikan untuk memasang penutup sambungan dengan benar dan rapat sehingga tidak ada celah di antara sambungan.


Bersihkan sisa-sisa pemasangan

Setelah pemasangan selesai, bersihkan sisa-sisa perekat atau sisa-sisa pemasangan lainnya yang mungkin ada pada permukaan lantai SPC. Pastikan untuk membersihkan permukaan lantai dengan hati-hati agar tidak terjadi goresan atau kerusakan pada lantai.


Berikan perawatan rutin

Untuk memperpanjang umur pakai lantai SPC, sebaiknya memberikan perawatan rutin. Bersihkan lantai secara teratur dengan sapu, vakum, atau lap basah untuk menjaga kebersihan dan keindahan lantai. Hindari penggunaan bahan kimia yang keras atau beracun yang dapat merusak lantai SPC.



FAQs:

 

Apakah lantai SPC dapat dipasang di area yang lembab?

  • Ya, lantai SPC tahan air sehingga dapat dipasang di area yang lembab seperti kamar mandi atau dapur.

Apakah lantai SPC dapat dipasang di luar ruangan?

  • Tidak, Lantai SPC tidak dianjurkan untuk dipasang di luar ruangan karena tidak tahan terhadap sinar matahari langsung dan suhu yang berubah-ubah.

Apa yang harus dilakukan jika terdapat perbedaan tinggi permukaan lantai?

  • Jika terdapat perbedaan tinggi permukaan lantai, sebaiknya menggunakan lapisan bawah yang lebih tebal atau meratakan permukaan lantai terlebih dahulu.

Apa yang harus dilakukan jika terdapat goresan pada permukaan lantai SPC?

  • Jika terdapat goresan pada permukaan lantai SPC yang dalam, solusi terbaik adalah dengan mengganti lembar papan yang terkena goresan, karena lapisan penahan gores dari lantai spc berupa lembaran layer seperti pada laminating jadi walaupun di lap dan dibersihkan atau bahkan di dempul bekas goresan akan tetap terlihat.

Apakah lantai SPC aman untuk anak-anak?

  • Ya, lantai SPC aman untuk anak-anak karena tidak terdapat bahan kimia berbahaya pada bahan pembuatnya


❤️❤️❤️ Jika Anda menyukai panduan lengkap cara pemasangan lantai SPC ini, tolong dukung kami dengan menyukai atau membagikannya pada halaman pencarian agar kami bisa terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas konten kami. Terima kasih! ❤️❤️❤️

1.787 tampilan

Comentarios


bottom of page