top of page
  • Gambar penulisRumah Lantai Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Lantai SPC Dibandingkan dengan Lantai Lainnya


SPC Flooring Collection
SPC Flooring

Jenis lantai yang dipilih dapat mempengaruhi keseluruhan tampilan dan kenyamanan ruangan. Jika Anda sedang mempertimbangkan lantai SPC untuk rumah atau bangunan Anda, maka penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis lantai ini dibandingkan dengan jenis lantai lainnya.


Lantai SPC adalah jenis lantai yang terbuat dari bahan sintetis yang kuat dan tahan lama. Lantai ini juga dikenal karena ketahanannya terhadap air dan goresan, serta mudah dipasang. Namun, semua jenis lantai pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Untuk itu, pada bagian ini akan dibahas tentang kelebihan dan kekurangan dari lantai SPC dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Dengan mengetahui perbedaannya, Anda dapat memilih jenis lantai yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

  • Lantai SPC memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik.

  • Lantai SPC tahan terhadap air dan goresan.

  • Lantai SPC mudah dipasang.

  • Lantai SPC memiliki beberapa kelemahan, seperti masih responsif terhadap suhu ruangan.

  • Lantai SPC dapat dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, seperti lantai vinyl, lantai kayu, atau lantai keramik.


Kelebihan Lantai SPC


Lantai SPC memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu pilihan terbaik untuk rumah atau bangunan Anda. Berikut adalah beberapa keunggulan dan manfaat lantai SPC:


  • Tidak mudah rusak: Lantai SPC memiliki lapisan pelindung atas yang kuat dan tahan lama, membuatnya tidak mudah rusak oleh goresan sepatu.

  • Tahan air: Lantai SPC terbuat dari bahan campuran PVC yang tahan air, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai kebocoran atau kerusakan akibat air.

  • Anti slip: Lantai SPC memiliki tekstur permukaan yang menawarkan daya cengkraman yang kuat, membuatnya aman untuk digunakan di daerah yang rentan terhadap kelembaban seperti kamar mandi atau dapur.

  • Mudah dipasang: Lantai SPC memiliki sistem penguncian yang mudah dipasang dan tidak memerlukan banyak alat atau peralatan khusus. Anda bahkan dapat memasangnya sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa pemasangan.

  • Tidak memerlukan perawatan yang sulit: Lantai SPC tidak memerlukan perawatan yang sulit dan mahal. Anda hanya perlu membersihkannya secara teratur dengan sapu atau lap basah dan tidak perlu khawatir tentang noda atau bekas goresan.

  • Terlihat seperti kayu atau batu asli: Lantai SPC memiliki tekstur dan warna yang menyerupai kayu atau batu asli, memberikan efek estetik yang menarik pada interior rumah atau bangunan Anda.


Spesifikasi lantai SPC meliputi ukuran, ketebalan, dan tipe pengunciannya. Anda dapat memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.


  1. Lapisan Terluar (wear layer): Lapisan transparan yang terbuat dari bahan anti gores dan anti noda antara lain 0.3mm (Residential) 0.5mm (Komersial)

  2. Lapisan Dekorative: Lapisan ini menambah nilai estetika lantai SPC dengan warna, pola, dan tekstur.

  3. Lapisan Inti SPC (SPC core layer): Terbuat dari campuran kalsium karbonat, bubuk PVC, dan stabilizer dengan ketebalan 3.2mm - 8.5mm

  4. Lapisan Tambahan (additional layer): Opsional, berguna untuk meredam suara dan menambah kehalusan tekstur seperti IXPE

SPC flooring memiliki ketebalan antara 3,2mm hingga 8mm, memberikan kenyamanan dan kestabilan saat dipijak.


SPC flooring design
SPC flooring design

Meskipun lantai SPC memiliki banyak kelebihan, namun seperti halnya jenis lantai lainnya, lantai SPC juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya.


Salah satu kekurangan dari lantai SPC adalah ketahanannya terhadap goresan yang masih terbatas. Meskipun lantai SPC termasuk tahan gores, lantai ini dapat tergores jika terkena benda yang tajam atau kasar. Hal ini dapat terjadi terutama pada lantai SPC yang tidak memiliki pelindung permukaan tambahan yang bagus ( Wear Layer ).


Kelemahan lain dari lantai SPC adalah kurang ramah lingkungan jika dibandingkan dengan kayu asli dikarenakan lantai SPC terbuat dari bahan campuran PVC dan Stone powder. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lantai SPC lebih sulit terurai di alam, sehingga penggunaannya harus dipertimbangkan dengan hati-hati bagi Anda yang peduli dengan lingkungan.


Namun, kekurangan-kekurangan tersebut dapat diminimalisir dengan perawatan yang tepat dan penggunaan yang bijak. Dengan memahami kelemahan lantai SPC, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan memilih jenis lantai yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.



Benda tajam yang dapat merusak lantai spc
Benda tajam yang dapat merusak lantai spc

Jika Anda sedang mencari jenis lantai untuk rumah atau bangunan Anda, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan jenis lantai lain, seperti lantai vinyl, lantai kayu, atau lantai keramik. Seperti halnya lantai SPC, jenis lantai lainnya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Lantai spc vs lantai lainnya

Perbedaan antara lantai SPC dan lantai vinyl adalah pada bahan dari kedua jenis lantai ini. Lantai vinyl terbuat dari bahan PVC, sedangkan lantai SPC terbuat dari campuran kalsium karbonat dan PVC. Lantai vinyl lebih fleksibel dan lebih mudah dipasang, namun kurang tahan terhadap goresan dan deformasi jika terkena beban berat.


Sementara itu, perbedaan antara lantai SPC dan lantai kayu terletak pada bahan dan harga. Lantai kayu terbuat dari kayu asli dan biasanya lebih mahal daripada lantai SPC. Meski begitu, lantai kayu memberikan kesan alami dan elegan pada ruangan Anda. Namun, lantai kayu rentan terhadap goresan dan kerusakan akibat air.


Sedangkan perbedaan antara lantai SPC dan lantai keramik terletak pada bahan dan daya tahan. Lantai keramik terbuat dari tanah liat yang dipanggang dan tahan terhadap goresan dan air. Namun, lantai keramik lebih sulit dipasang dan rentan terhadap retak jika terkena beban berat.


Dengan mengetahui perbedaan karakteristik dari setiap jenis lantai, Anda dapat memilih jenis lantai yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Namun, lantai SPC tetap menjadi pilihan yang baik karena terbuat dari bahan yang tahan lama dan mudah dipasang, serta memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis lantai lainnya.


Lantai SPC untuk Dapur
Lantai SPC untuk Dapur

Lantai SPC (Stone Plastic Composite) menjadi pilihan yang populer di pasaran karena memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulan yang dimilikinya adalah waterproof. Hal ini membuat lantai SPC cocok digunakan di area yang sering terkena air, seperti kamar mandi dan dapur. Selain itu, lantai SPC juga mudah dibersihkan dan dirawat.


Kelebihan lainnya dari lantai SPC adalah kemampuannya dalam menahan goresan dan noda. Hal ini disebabkan oleh lapisan atas berbahan PVC yang keras dan tahan lama. Lantai SPC juga memiliki ketahanan yang baik terhadap kelembaban dan cuaca ekstrem, sehingga cocok untuk digunakan di daerah tropis seperti Indonesia.


Lantai SPC juga memiliki tekstur permukaan yang terlihat seperti kayu atau batu alam. Hal ini memberikan tampilan yang juga estetis dan elegan bagi ruangan Anda. Selain itu, lantai SPC juga tersedia dalam berbagai macam warna dan pola, sehingga dapat disesuaikan dengan preferensi dan gaya dekorasi ruangan Anda.


Manfaat

Keunggulan

Mudah dibersihkan

​Waterproof

​Kokoh dan tahan lama

Menahan goresan dan noda

​Estetis dan elegan

​Ketahanan terhadap kelembaban dan cuaca ekstrem


Desain Lantai SPC
Desain Lantai SPC

Dengan begitu banyak keunggulan yang dimilikinya, tidak mengherankan jika lantai SPC menjadi pilihan yang terbaik bagi banyak orang. Selain itu, lantai SPC juga memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis lantai lainnya dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik. Jadi, jika Anda mencari jenis lantai yang tahan lama, mudah dirawat, dan estetis, lantai SPC adalah pilihan yang tepat untuk Anda.


Kelemahan Lantai SPC


Walau memiliki banyak kelebihan, lantai SPC juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari lantai SPC:


Kelemahan

Penjelasan

Bersifat responsif terhadap suhu

​Lantai SPC sangat responsif terhadap suhu dan dapat mengembang dan menyusut berdasarkan perubahan suhu di sekitarnya walaupun kecil persentasenya

​Rentan terhadap Berat

​Dapat retak jika benda berat dijatuhkan atau terhempas ke permukaannya.

Bisa Dingin di Kaki

​Seperti lantai keras lainnya, SPC flooring bisa terasa dingin saat disentuh, yang mungkin tidak nyaman bagi beberapa orang

Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor ini sebelum memilih lantai SPC sebagai pilihan Anda. Namun, kelemahan-kelemahan tersebut tidak selalu berlaku di setiap situasi karena dapat bervariasi tergantung pada merek dan kualitas lantai SPC yang Anda pilih.


Kerusakan pada lantai
Kerusakan pada lantai

Jika Anda sedang mencari jenis lantai yang tahan lama dan mudah dipelihara, Anda mungkin akan terpikat dengan lantai SPC dan lantai vinyl. Namun, meskipun keduanya terlihat mirip, sebenarnya ada perbedaan karakteristik yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memasang salah satu jenis lantai tersebut.


Perbedaan pertama adalah bahan dasar dari masing-masing jenis lantai. Lantai SPC terbuat dari campuran serbuk batu kapur, PVC, dan resin, sedangkan lantai vinyl terbuat dari bahan sintetis termoplastik yang fleksibel. Oleh karena itu, lantai SPC lebih kuat dan tahan lama, sedangkan lantai vinyl lebih lentur dan empuk.


Selain itu, lantai SPC lebih tahan air dan tahan gores daripada lantai vinyl. Lantai SPC juga lebih tahan terhadap fluktuasi suhu dan kelembaban, sehingga lebih cocok untuk dipasang di area yang sering terkena air, seperti kamar mandi dan dapur. Sedangkan lantai vinyl lebih cocok untuk area yang tidak terlalu sering terkena air, seperti ruang tamu dan kamar tidur.


Terakhir, lantai SPC lebih mudah dipasang dan dibongkar kembali daripada lantai vinyl. Lantai SPC biasanya menggunakan sistem kunci klik yang membuat pemasangan menjadi lebih mudah dan cepat, sementara lantai vinyl memerlukan lem khusus untuk dipasang.


Desain lantai spc
SPC Floor design

Memilih jenis lantai yang tepat tentu sangat penting untuk menciptakan suasana ruangan yang nyaman dan estetis. Dengan mengetahui perbedaan lantai SPC dan lantai vinyl, Anda dapat memilih jenis lantai yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Perbedaan Lantai SPC dan Lantai Kayu

Lantai kayu adalah salah satu jenis lantai yang paling populer, terutama di kalangan pecinta gaya interior alami dan tradisional. Namun, dengan kemunculan lantai SPC yang lebih tahan lama dan mudah dalam perawatan, membuat banyak orang mulai mempertimbangkan untuk memasang lantai SPC sebagai pengganti lantai kayu tradisional.


Perbedaan terbesar antara lantai SPC dan lantai kayu adalah bahan dasarnya. Lantai kayu terbuat dari kayu asli, sementara lantai SPC terbuat dari campuran bahan sintetis yang kuat. Selain itu, lantai kayu cenderung lebih mahal dan rentan terhadap goresan, perubahan warna, dan kerusakan akibat air. Sementara lantai SPC tahan terhadap kelembaban dan air, serta lebih tahan lama.


Walau begitu, lantai kayu masih menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang mencari keaslian dan pengalaman kenyamanan yang lebih tradisional. Lantai kayu juga memberikan nuansa dan kehangatan alami pada ruangan Anda. Namun, jika Anda mencari lantai yang tahan lama dan mudah dalam perawatan, lantai SPC bisa menjadi pilihan yang lebih baik.


Desain lantai SPC
SPC Floor Design

Jika Anda mempertimbangkan lantai SPC sebagai pilihan untuk rumah atau bangunan Anda, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan mengetahui perbedaan antara lantai SPC dan lantai kayu, Anda dapat membuat keputusan yang tepat.

Perbandingan Lantai SPC dan Lantai Keramik


Lantai SPC dan lantai keramik adalah dua jenis lantai yang populer digunakan di Indonesia. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Lantai SPC terbuat dari bahan vinyl dengan inti kaku dari batu kapur dan plastik. Sedangkan lantai keramik terbuat dari tanah liat dan diolah secara khusus. Berikut perbandingan lantai spc antara lantai SPC dan lantai keramik:


Lantai SPC

Lantai Keramik

​Keunggulan

  • ​Lebih tahan air dan tahan gores

  • Tidak licin dan mudah dibersihkan

  • Lebih hangat saat digunakan

  • ​Lebih tahan lama

  • Tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk

  • Lebih tahan terhadap panas

​Kekurangan

  • ​Lebih mahal dari lantai vinyl

  • Bersifat responsif

  • Lebih dingin saat digunakan

  • ​Harganya lebih mahal

  • Mudah retak dan pecah

  • Mudah licin saat basah

Perlu diingat bahwa pilihan antara lantai SPC dan lantai keramik tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Jangan lupa mempertimbangkan faktor-faktor seperti budget, bentuk ruangan, dan juga fungsi ruangan sebelum membuat keputusan akhir.


Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai SPC dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk memilih jenis lantai yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Meskipun lantai SPC memiliki beberapa kelemahan, seperti ketahanan terhadap goresan yang kurang baik, namun kelebihannya, seperti tahan air, tahan aus, dan mudah dalam perawatannya, menjadikannya pilihan yang baik untuk rumah atau bangunan Anda. Lantai SPC adalah salah satu jenis lantai terbaik di pasaran saat ini. Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan lantai SPC, serta membandingkannya dengan jenis lantai lainnya seperti lantai vinyl, lantai kayu, atau lantai keramik, Anda dapat memilih jenis lantai yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketika memilih lantai SPC, pastikan untuk memilih jenis lantai SPC yang kualitasnya baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan mempertimbangkan semua faktor, Anda akan memilih lantai SPC terbaik yang dapat memberikan kenyamanan dan keindahan pada ruangan Anda.


FAQ

Q: Apa kelebihan dan kekurangan lantai SPC dibandingkan dengan lantai lainnya?


A: Lantai SPC memiliki beberapa kelebihan, antara lain tahan terhadap air, tahan terhadap goresan, dan mudah dalam perawatan. Namun, kekurangan lantai SPC adalah kurangnya variasi desain dan warna dibandingkan dengan jenis lantai lainnya.


Q: Apa kelebihan lantai SPC?

A: Kelebihan lantai SPC antara lain tahan terhadap air sehingga cocok untuk ruangan dengan kelembaban tinggi, tahan terhadap goresan, serta mudah dalam perawatan dan pemasangan.


Q: Apa kekurangan lantai SPC?

A: Kekurangan lantai SPC adalah terbatasnya variasi desain dan warna yang tersedia dibandingkan dengan jenis lantai lainnya.


Q: Bagaimana perbandingan lantai SPC dengan jenis lantai lainnya?


A: Lantai SPC memiliki beberapa perbedaan dengan jenis lantai lainnya, seperti lantai vinyl, lantai kayu, dan lantai keramik. Perbedaan ini meliputi karakteristik, keunggulan, serta kekurangan masing-masing jenis lantai.


Q: Apa saja keunggulan lantai SPC?

A: Keunggulan lantai SPC antara lain tahan terhadap air, tahan terhadap goresan dan, mudah dalam perawatan, serta dapat dipasang tanpa menggunakan perekat.


Q: Apa saja kelemahan lantai SPC?

A: Kelemahan lantai SPC adalah Lantai SPC sangat responsif terhadap suhu dan dapat mengembang dan mengerut berdasarkan perubahan suhu di sekitarnya.


Q: Apa perbedaan antara lantai SPC dan lantai vinyl?

A: Perbedaan antara lantai SPC dan lantai vinyl meliputi karakteristik, keunggulan, serta kelemahan masing-masing jenis lantai.


Q: Apa perbedaan antara lantai SPC dan lantai kayu?

A: Perbedaan antara lantai SPC dan lantai kayu meliputi karakteristik material, serta tampilan akhir.


Q: Apa perbedaan antara lantai SPC dan lantai keramik?

A: Perbedaan antara lantai SPC dan lantai keramik meliputi karakteristik, keunggulan, serta kekurangan masing-masing jenis lantai. Lantai SPC Lebih hangat saat digunakan dibanding lantai keramik


Q: Apa kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan lantai SPC dibandingkan dengan lantai lainnya?


A: Lantai SPC memiliki kelebihan seperti tahan terhadap air dan goresan, serta mudah dalam perawatan. Namun, kekurangan lantai SPC adalah kurangnya variasi desain dan warna dan harga. Anda dapat mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi ini.





"Lebih dari Sekadar Lantai. Itulah yang Anda Dapatkan dengan Rumah Lantai Indonesia. Mau Tahu Mengapa?"

171 tampilan
bottom of page