top of page
  • Writer's pictureRumah Lantai Indonesia

Panduan Lengkap Cara Membersihkan WPC

Updated: Nov 9, 2023

WPC (Wood Plastic Composite) merupakan bahan komposit yang terdiri dari serat kayu dan bahan plastik. Bahan ini digunakan untuk membuat produk-produk seperti pagar, dinding, dek, dan lain-lain. Kombinasi dari kayu dan plastik pada WPC memberikan kekuatan dan keawetan yang lebih baik dibandingkan dengan kayu biasa.




1. Pentingnya membersihkan WPC

Membersihkan WPC sangat penting untuk menjaga keawetan dan keindahan produk. WPC yang kotor dapat menyebabkan timbulnya noda, jamur, dan lumut yang dapat merusak permukaan dan membuatnya menjadi licin dan tidak aman untuk digunakan. Selain itu, membersihkan WPC secara teratur juga membantu menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah di masa depan dan memperpanjang umur produk.


2. Tinjauan singkat tentang proses pembersihan

Proses membersihkan WPC meliputi beberapa tahapan, yaitu:

  1. Membersihkan permukaan dari kotoran dan debu dengan sapu atau vacuum.

  2. Menyiapkan solusi pembersih yang sesuai dengan jenis noda dan kondisi WPC.

  3. Mengaplikasikan solusi pembersih ke permukaan WPC dengan sikat atau kain yang lembut.

  4. Menggosok permukaan WPC dengan sikat atau kain hingga bersih.

  5. Membilas permukaan WPC dengan air bersih dan mengeringkannya dengan lap kering.

Penting untuk diingat bahwa proses pembersihan dapat bervariasi tergantung pada jenis dan kondisi WPC serta jenis noda atau kotoran yang ingin dihilangkan.


3. Perkiraan waktu untuk menyelesaikan pembersihan


Waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan WPC tergantung pada ukuran dan kondisi produk, serta tingkat kekotoran yang ada. Secara umum, membersihkan WPC dapat memakan waktu sekitar 1-2 jam tergantung pada metode pembersihan yang digunakan dan luas permukaan yang perlu dibersihkan. Namun, jika permukaan WPC dalam kondisi sangat kotor dan terdapat banyak noda membandel, waktu yang dibutuhkan untuk membersihkannya bisa lebih lama.


4. Persiapan


Kumpulkan alat dan bahan pembersih yang diperlukan

Sebelum membersihkan WPC, pastikan untuk menyiapkan alat dan bahan pembersih yang diperlukan. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk membersihkan WPC:

  • Sapu atau vacuum untuk membersihkan debu dan kotoran kasar.

  • Sikat lembut atau kain untuk menggosok permukaan WPC.

  • Ember dan lap untuk membersihkan dan membilas permukaan WPC.

  • Sabun atau deterjen ringan, cuka putih, atau solusi pembersih yang direkomendasikan oleh produsen WPC.

  • Air bersih.

Pastikan untuk memilih alat dan bahan pembersih yang tepat untuk jenis WPC yang akan dibersihkan dan jenis kotoran yang ingin dihilangkan. Jika ragu, sebaiknya konsultasikan dengan produsen terkait. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan alat dan bahan pembersih yang aman untuk lingkungan dan tidak merusak permukaan WPC.


Tentukan jenis larutan pembersih yang dibutuhkan

Menentukan jenis solusi pembersih yang diperlukan sangat penting untuk membersihkan WPC dengan efektif dan aman. Beberapa jenis solusi pembersih yang umum digunakan untuk membersihkan WPC antara lain sabun atau deterjen ringan, cuka putih, atau solusi pembersih khusus untuk WPC yang direkomendasikan oleh produsen.

Pilihlah solusi pembersih yang sesuai dengan jenis noda atau kotoran yang ingin dihilangkan dari permukaan WPC. Jangan gunakan bahan pembersih yang keras seperti pemutih atau asam karena dapat merusak permukaan WPC. Selain itu, pastikan untuk membaca instruksi penggunaan pada kemasan solusi pembersih dan mengikuti petunjuk dengan benar untuk menghindari kesalahan penggunaan yang dapat merusak permukaan WPC.


Tindakan pencegahan keamanan sebelum membersihkan


Sebelum membersihkan WPC, pastikan untuk mengambil beberapa langkah pencegahan berikut ini untuk menjaga keamanan:

  • Pakailah sarung tangan karet dan kacamata pelindung saat menggunakan pembersih untuk menghindari iritasi kulit atau mata.

  • Pastikan area sekitar WPC bersih dari benda-benda yang dapat mengganggu dan membahayakan selama proses pembersihan.

  • Hindari penggunaan alat pembersih yang kasar atau tajam seperti sikat kawat atau kawat anyaman karena dapat merusak permukaan WPC.

  • Jangan biarkan deterjen pembersih mengenai permukaan WPC terlalu lama karena dapat merusak warna dan berbekas.

  • Pastikan untuk membilas permukaan WPC dengan air bersih setelah membersihkannya untuk menghilangkan residu solusi pembersih.

Jika ada pertanyaan atau kekhawatiran terkait keselamatan, sebaiknya konsultasikan dengan Ahli Pembersihan atau produsen WPC.


Persiapan area sebelum dibersihkan

Sebelum membersihkan WPC, pastikan area sekitarnya bersih dan aman. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk menyiapkan area WPC sebelum proses pembersihan:

  • Hilangkan semua benda yang dapat mengganggu proses pembersihan seperti meja, kursi, atau barang-barang lainnya yang ada di atas permukaan WPC.

  • Bersihkan permukaan WPC dari kotoran kasar dengan sapu atau vacuum.

  • Basahi permukaan WPC dengan air bersih untuk membantu membersihkan noda atau kotoran yang menempel.

  • Jika terdapat noda atau kotoran yang membandel, sebaiknya pergunakan solusi pembersih yang sesuai untuk menghilangkannya terlebih dahulu sebelum membersihkan permukaan WPC secara menyeluruh.

  • Pastikan area sekitar WPC aman dan terbebas dari benda-benda yang dapat membahayakan selama proses pembersihan.

Dengan menyiapkan area WPC sebelum proses pembersihan, Anda dapat membersihkan WPC secara efektif dan aman tanpa merusak permukaan atau lingkungan sekitar.






5. Proses Pembersihan

Petunjuk langkah demi langkah tentang cara membersihkan WPC

  • Sapu atau vacuum

Tahap awal dalam membersihkan WPC adalah dengan membersihkan debu dan kotoran kasar dengan sapu atau vacuum. Pastikan untuk membersihkan permukaan WPC secara menyeluruh agar kotoran dan debu tidak menempel pada permukaan WPC saat proses pembersihan selanjutnya dilakukan. Setelah membersihkan debu dan kotoran kasar, Anda dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam proses pembersihan WPC.


  • Oleskan larutan pembersih

Setelah membersihkan debu dan kotoran kasar, langkah selanjutnya dalam membersihkan WPC adalah dengan mengaplikasikan deterjen pembersih ke permukaan WPC. Pastikan untuk memilih deterjen pembersih yang tepat untuk jenis noda atau kotoran yang ingin dihilangkan dari permukaan WPC.

Cara mengaplikasikan solusi deterjen dapat bervariasi tergantung pada jenis solusi pembersih yang digunakan. Beberapa deterjen pembersih dapat langsung diaplikasikan ke permukaan WPC, sementara yang lain harus dicampur dengan air terlebih dahulu. Pastikan untuk membaca instruksi penggunaan pada kemasan pembersih dan mengikuti petunjuk dengan benar untuk menghindari kesalahan penggunaan yang dapat merusak permukaan WPC.


  • Gosok permukaannya

Setelah mengaplikasikan solusi pembersih ke permukaan WPC, selanjutnya Anda perlu menggosok permukaan WPC dengan sikat lembut atau kain untuk menghilangkan noda atau kotoran yang menempel. Gosoklah permukaan WPC dengan lembut dan hindari penggunaan sikat kasar atau tajam yang dapat merusak permukaan WPC.

Pastikan untuk menggosok seluruh permukaan WPC secara merata dan perhatikan bagian yang sulit dijangkau atau bagian yang kotor lebih banyak dari bagian lainnya. Setelah menggosok permukaan WPC, bilaslah permukaan dengan air bersih untuk menghilangkan residu deterjen pembersih. Selanjutnya, keringkan permukaan WPC dengan lap kering.


  • Bilas sampai bersih

Setelah menggosok permukaan WPC dengan solusi pembersih dan sikat lembut, bilaslah permukaan WPC dengan air bersih untuk menghilangkan residu solusi pembersih. Pastikan untuk membilas seluruh permukaan WPC secara merata dan memperhatikan bagian yang sulit dijangkau atau bagian yang kotor lebih banyak dari bagian lainnya.

Jangan biarkan air bersih terlalu lama mengenai permukaan WPC karena dapat merusak warna dan mempercepat kerusakan. Setelah selesai membilas, keringkan permukaan WPC dengan lap kering agar tidak ada bekas air yang menempel. Selanjutnya, Anda dapat memeriksa apakah permukaan WPC sudah bersih secara menyeluruh atau masih perlu dibersihkan kembali pada bagian yang masih terdapat noda atau kotoran.


Tip untuk pembersihan yang efektif


Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu membersihkan WPC dengan efektif:

  • Bersihkan WPC secara teratur untuk menghindari timbulnya noda atau kotoran yang membandel.

  • Gunakan alat dan bahan pembersih yang tepat untuk jenis WPC yang akan dibersihkan dan jenis noda atau kotoran yang ingin dihilangkan.

  • Hindari penggunaan alat pembersih yang kasar atau tajam seperti sikat kawat atau kawat anyaman yang dapat merusak permukaan WPC.

  • Jangan biarkan solusi pembersih mengenai permukaan WPC terlalu lama karena dapat merusak warna dan mempercepat kerusakan.

  • Pastikan untuk membilas permukaan WPC dengan air bersih setelah membersihkannya untuk menghilangkan residu solusi pembersih.

  • Keringkan permukaan WPC dengan lap kering setelah membilasnya agar tidak ada bekas air yang menempel.

  • Jika terdapat noda atau kotoran yang membandel, sebaiknya gunakan solusi pembersih khusus untuk menghilangkannya terlebih dahulu sebelum membersihkan permukaan WPC secara menyeluruh.

  • Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan alat dan bahan pembersih dengan benar untuk menghindari kesalahan penggunaan yang dapat merusak permukaan WPC.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat membersihkan WPC secara efektif dan menjaga keawetan serta keindahannya.


Apa yang harus dilakukan untuk noda membandel?


Jika terdapat noda atau kotoran yang membandel dan sulit dihilangkan dari permukaan WPC, sebaiknya pergunakan solusi pembersih khusus yang direkomendasikan oleh produsen WPC. Jangan gunakan bahan pembersih yang keras seperti pemutih atau asam karena dapat merusak permukaan WPC.

Cara mengaplikasikan solusi pembersih pada noda atau kotoran yang membandel dapat bervariasi tergantung pada jenis solusi pembersih yang digunakan. Beberapa solusi pembersih memerlukan pengaplikasian yang lebih lama pada permukaan WPC untuk dapat menghilangkan noda atau kotoran yang membandel. Pastikan untuk membaca instruksi penggunaan pada kemasan solusi pembersih dan mengikuti petunjuk dengan benar untuk menghindari kesalahan penggunaan yang dapat merusak permukaan WPC.

Jika setelah menggunakan solusi pembersih khusus, noda atau kotoran masih belum hilang, sebaiknya konsultasikan dengan produsen atau ahli pembersihan terkait untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik.


6. Pemeliharaan


Cara merawat WPC setelah dibersihkan


Setelah membersihkan WPC, perlu dilakukan perawatan rutin untuk menjaga kebersihan dan keawetan permukaannya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat WPC setelah membersihkannya:

  • Bersihkan WPC secara teratur untuk mencegah timbulnya noda atau kotoran yang membandel.

  • Hindari penggunaan alat pembersih yang kasar atau tajam seperti sikat kawat atau kawat anyaman yang dapat merusak permukaan WPC.

  • Gunakan alas kaki yang bersih saat berada di atas permukaan WPC untuk menghindari terbentuknya noda atau kotoran yang menempel.

  • Hindari menempatkan benda-benda yang panas seperti panggangan atau arang di atas permukaan WPC.

  • Pastikan WPC tetap kering dan tidak tergenang air untuk menghindari pertumbuhan jamur atau lumut.

  • Lakukan perawatan lanjutan seperti melapisi permukaan WPC dengan pengawet khusus untuk menjaga keawetannya.

Dengan merawat WPC secara rutin, anda dapat memperpanjang umur produk dan menjaga keindahannya.


Tindakan pencegahan untuk menghindari noda membandel

Berikut adalah beberapa praktik terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga WPC dalam kondisi baik:

  • Bersihkan WPC secara teratur untuk mencegah timbulnya noda atau kotoran yang membandel.

  • Gunakan alat dan bahan pembersih yang tepat untuk jenis WPC yang akan dibersihkan dan jenis noda atau kotoran yang ingin dihilangkan.

  • Hindari penggunaan alat pembersih yang kasar atau tajam seperti sikat kawat atau kawat anyaman yang dapat merusak permukaan WPC.

  • Gunakan alas kaki yang bersih saat berada di atas permukaan WPC untuk menghindari terbentuknya noda atau kotoran yang menempel.

  • Hindari menempatkan benda-benda yang panas seperti panggangan atau arang di atas permukaan WPC.

  • Pastikan WPC tetap kering dan tidak tergenang air untuk menghindari pertumbuhan jamur atau lumut.

  • Lakukan perawatan lanjutan seperti melapisi permukaan WPC dengan pengawet khusus untuk menjaga keawetannya.

Dengan menerapkan praktik terbaik di atas, Anda dapat menjaga WPC dalam kondisi baik dan memperpanjang umur produk.


7. Kesimpulan


Membersihkan dan merawat WPC secara rutin sangat penting untuk menjaga keindahan dan keawetan produk. Dalam melakukan proses pembersihan, pastikan untuk menggunakan alat dan bahan pembersih yang tepat dan mengikuti prosedur yang benar untuk menghindari kerusakan pada permukaan WPC. Setelah membersihkan, lakukan perawatan rutin seperti menjaga kekeringan dan melapisi permukaan WPC dengan pengawet khusus untuk menjaga keawetannya.

Dengan melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin, Anda dapat memperpanjang umur WPC dan menjaga keindahannya. Selain itu, langkah pencegahan dan praktik terbaik juga dapat membantu menghindari timbulnya noda atau kotoran yang sulit dihilangkan dari permukaan WPC.


Membersihkan dan merawat WPC dapat menjadi tugas yang mudah jika dilakukan dengan benar dan rutin. Penting untuk menggunakan alat dan bahan pembersih yang tepat dan mengikuti prosedur yang benar agar permukaan WPC tetap terjaga keindahannya.

Dalam melakukan pembersihan, hindari penggunaan bahan pembersih yang keras atau abrasif yang dapat merusak permukaan WPC. Pastikan juga untuk melakukan perawatan rutin seperti menjaga kekeringan dan melapisi permukaan WPC dengan pengawet khusus untuk menjaga keawetannya.

Sebagai rekomendasi, pastikan untuk mengikuti panduan pembersihan dan perawatan yang disarankan oleh produsen WPC untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu, jika Anda menghadapi masalah dengan noda atau kotoran yang membandel, sebaiknya konsultasikan dengan produsen atau ahli pembersihan terkait untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik.

Dengan melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin, Anda dapat menjaga keindahan dan keawetan WPC dalam jangka waktu yang lebih lama.


Cari lantai kayu berkualitas untuk rumah Anda? Kunjungi Rumah Lantai Indonesia sekarang juga! Kami menyediakan berbagai jenis lantai kayu termasuk WPC decking dengan kualitas terbaik untuk kebutuhan Anda.





565 views

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page